MEMBEDAH COREL DRAW

24/06/14

Mengenal Dasar Corel Draw bagi Pemula

 
     CorelDRAW adalah editor grafik vektor yang dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di Ottawa, Kanada.
Sama halnya dengan Photoshop, CorelDraw juga selalu meng-update versi terbarunya. Dan saat saya posting artikel ini CorelDraw telah merilis versi terbarunya yaitu versi 16 yang dinamai X6.
Tapi untuk kali ini saya menggunakan contoh CorelDRAW X3, agar lebih mudah. Pada intinya sama saja antara CorelDRAW X2, X3, X4, X5, X6 dan versi seterusnya. Hanya saja akan ada perbaikan dan penyempurnaan di setiap versi terbaru.
 OK, tanpa panjang lebar lagi, kita mulai saja,
 
Tampilan awal CorelDraw X3


> Toolbox
Toolbox yang berada disebelah kiri leyer berisi sejumlah tool yang digunakan dalam proses pembuatan gambar dalam CorelDraw. Apabila dalam sebuah tool terdapat tanda panah kecil, disebut flyout.
Berikut daftar flyout yang terdapat dalam CorelDRAW X3.
1.Pick Tool
2.Shape Tool
3.Crop Tool
4.Zoom Tool
5.Freehand Tool
6.Smart Fill Tool
7.Rectangel Tool
8.Elipse Tool
9.Polygon Tool
10.Basic Shapes Tool
11.Text Tool
12.Table Tool
13.Paralel Dimension Tool
14.Straight Line Connector Tool
15.Blend Tool
16.Color Eyedropper Tool
17.Outline Pen
18.Fill Tool
19.Interactive Fill Tool

Penjelasannya dibawah ini :
 Pick tool

Pick tool ini memiliki ikon seperti cursor mouse pada setting defaultnya. Berfungsi untuk menyeleksi atau memilih objek.

Shape Tool
Shape tool berfungsi mengedit garis atau objek dengan manipulasi titik. Memiliki shortcut dalam keyboard F10. Shape tool ini sendiri dibagi menjadi 3 jenis lagi yaitu :
Smudge Brush : Untuk mengubah objek gambar dengan menarik garis tepi.
Roughen Brush : Untuk mendistorsi objek gambar dengan menarik garis tepi.
Free Transform : Untuk mengubah bebas seperti : menggunakan rotasi, mengubah ukuran, memiringkan objek, dll.

Crop Tool

Crop tool berfungsi untuk menghilangkan bagian yang tidak diinginkan dalam objek. Crop tool juga memiliki 3 jenis lagi :
Knife : untuk memotong objek menjadi dua bagian terpisah.
Eraser : untuk menghapus area yang tidak diinginkan dalam objek.
Virtual Segment Delete : untuk menghapus suatu bagian objek yang berada dalam persinggungan.

Zoom Tool
Zoom tool berfungsi untuk mengubah tingkat / level pembesaran jendela dokumen corel yang sedang kita buka. Ini sangat bermanfaat untuk mengedit objek yang terlalu kecil atau objek yang terlalu besar, sehingga tampilan objek sesuai dengan mata kita.
Pan Tool berfungsi untuk menggeser tampilan area/objek tanpa mengubah tingkat zoom level.

Freehand Tool

Freehand Tool berfungsi menggambar kurva (garis lengkung) dan garis lurus dalam segmen. Memiliki tombol shortcut F5 di keyboard anda. Freehand tool ini dibagi dalam 7 jenis lagi yaitu :
 •2-Point Line Tool : untuk menggambar garis lurus dari satu titik (titik awal) ke satu titik yang lain (titik akhir).
 •Bezier Tool : menggambar garis lengkung dalam segment dalam satu waktu.
 •Artistic Media Tool : menambahkan efek brush, spray dan kaligrafi dengan menggunakan kursor pen dengan bebas. Banyak efek-efek yang mungkin anda sukai dalam tool yang satu ini.
 •Pen tool : menggambar garis lengkung dalam segmen dan melihat/meninjau masing-masing segmen yang telah kamu buat.
 •B-spline tool : menggambar garis lengkung dengan mengkontrol setting titik (point) tanpa merusak segmen.
 •Polyline tool : menggambar sambungan garis lurus atau garis lengkung secara continue (terus menerus) dalam satu action.
 •3-point curves tool : menggambar garis lengkung dengan cara mendrag dari titik awal , titik akhir dan memposisikan pada titik tengah.

Smart Fill Tool
berfungsi untuk membuat objek dari tumpang tindih area lali mengisikannya dengan warna atau tekstur. Tool ini memiliki satu jenis lagi yaitu smart drawing tool.
Smart Drawing tool : untuk mengubah / mengkonversi coretan pointer yang kamu gambar menjadi bentuk wujud objek (basic shapes) atau garis kurva yang halus.

Rectangle Tool

Rectangle tool berfungsi untuk menggambar bentuk persegi empat atau kotak hanya dengan drag dan klik mouse kamu. Memiliki satu jenis lagi yaitu 3-point rectangle tool.
3-Point Rectangle tool : berfungsi untuk membentuk persegi empat dan kotak dengan menyusun nya per titik.
ellipse tool
Ellipse tool
berfungsi untuk menggambar elips dan lingkaran hanya dengan drag dan klik mouse kamu. Juga memiliki satu jenis lagi yaitu 3-point ellipse tool.
3-Point Ellipse tool : untuk menggambar elips dan lingkaran dengan menyusun nya per titik.

Polygon Tool
Polygon tool berfungsi untuk menggambar bentuk persegi banyak, hanya dengan drag dan klik mouse. Memiliki turunan 4 macam tools, yaitu :
Star tool : untuk menggambar berbagai macam bentuk bintang.
Complex Star tool : untuk menggambar bentuk bintang yang memiliki banyak potongan sisi.
Graph Paper tool : untuk menggambar bentuk kisi-kisi / susunan kotak-kotak seperti jala-jala.
Spiral tool : untuk menggambar lingkaran spiral secara simetris atau logaritmis.

Basic Shapes Tool
berfungsi untuk mempermudah/mempercepat proses menggambar bentuk segitiga, lingkaran, silinder, love/hati, dan masih banyak lagi bentuk-bentuk lainnya. Memiliki turunan 4 macam tools, yaitu :
Arrow shapes tool : untuk menggambar bentuk tanda panah dalam berbagai variasi
Flowchart shapes tool : untuk memudahkan menggambar suatu bagan (chart)
Banner shapes tool : untuk menggambar bentuk pita atau bentuk ledakan.
Callout shapes tool : untuk menggambar bentuk balon bicara (ilustrasi bicara) dan label


> Property bar
Property bar berada dibawah Standard toolbar, yang berfungsi untuk menampilkan sejumlah perintah dan opsi yang berhubungan dengan tool yang sedang aktif atau digunakan saat itu.

>Docker
Docker adalah kotak dialog yang muncul ketika diaktifkan dengan perintah Window > Docker. Docker berisi sejumlah opsi yang dapat dipilih dan diisi sesuai kebutuhan yang diinginkan .

> Status bar
Status bar menampilkan sejumlah informasi tentang objek yang terpilih/aktif, seperti warna, fill, outline, posisi, dan perintah yang sedang aktif.
 
 

Cara manipulasi efek petir menggunakan coreldraw

Coba anda perhatikan gambar di bawah ini yang akan kita beri dampak petir ;
Nah disinilah kita akan mulai membuat manipulasi efek petir menggunakan coreldraw, coba sekarang  buat garis tidak beraturan dengan menggunakan freehand tool, langkahnya klik tahan drag serta cocokan posisi sesuka anda... 
Coba atur ketebalan garis dengan cara tekan tombol f12 di keyboard, ubah dengan warna putih, tekan ctrl+shift+q satu persatu, atau kelompokkan dulu cocokan ketebalan garis setelah itu anda combine, trus sesudah di ctrl+shift+q klik weld pada property bar untuk menjadikan satu dari seluruh obyek
Sekarang, pada menu bar tentukan effects -- countour..., pada docker kasih tanda pada outside sesuai gambar berikut : klik apply 
Terus sekarang pada menu bar klik arrange -- break contour group apart ( ctrl+k )
Hingga tercipta obyek baru yang lumayan besar, terus beri warna kuning serta beri dampak blur pada menu bar -- bitmaps -- blur -- gaussian blur... ( lantaran afek blur pada coreldraw cuma untuk obyek bitmap jadi mesti di convert to bitmap dulu )
Samakan sehingga seperti gambar di bawah ini
Sekarang tinggal seleksi ke-2 obyek tersebut serta convert to bitmap
Untuk hasil akhir, coba anda beri efek transparansi agar lebih cakep
Sekarang udah jadi untuk cara manipulasi efek petir menggunakan coreldraw, lihat gambar di bawah ini:
efek petir menggunakan coreldraw
Sekian dulu kali ini untuk tutorial coreldraw tentang bagaimana cara manipulasi efek petir menggunakan coreldraw semoga ini dapat bermanfaat bagi kita semua, sekali lagi untuk hasil spektakuler-nya silahkan anda berkreasi sendiri, selamat mencoba.  


Cara membuat texture di coreldraw

Buat obyek dulu terserah agan bentuknya, di sini yang ane bikin yaitu kotak, walau bundar juga boleh 
Pada toolbox --> pilih Fill tool --> Texture Fill 
Jadi akan terbuka jendela parameter perihal texture fill, layaknya di bawah ini, terus tentukan texture yang agan kehendaki, setting parameter pada pottery wheel 2 color buat mengatur ukuran, pewarnaan dan lain-lain.
Klik ok jadi akhirnya layaknya gambar di bawah ini.
Buat ubah bitmap agan tinggal convert to bitmap dulu baru dapat buat ubah gambar, layaknya memotong obyek, menggepengkan obyek, berikan effect serta lain sebagainya.
Akhirnya seperti gambar di bawah inilah jadinya ;
texture fill coreldraw
Sekian untuk hari ini cara membuat texture di coreldraw semoga bermanfaat selanjutnya silahkan agan-agan kembangkan, semua tidak akan ada hasil kalau tidak ada action. Selamat mencoba.
 
 

Cara kerja transformation rotate di coreldraw :

Di sini kita akan mencoba untuk mendesain dengan menggunakan sarana Transformation - Rotate, untuk lebih jelasnya silahkan agan perhatikan gambar di bawah ini.
Buat obyek dengan freehand tool ( F5 ) serta ataur pewarnaannya dengan interactive fill tool ( G )
Terus aktifkan menu transformations - rotate yang layaknya gambar di atas tadi, jadi pada pojok kanan akan tampak rool up docker dari transformations - rotate
Tulis angka 3 pada angle -- beri ceklis rumput pada relative center -- beri ceklis rumput pada kotak kiri atas -- ketikkan angka 30 pada copies -- klik apply. 
Akhirnya layaknya seperti gambar di bawah ini. 
serta buat selanjutnya coba dengan beri ceklis pada kotak-kotak yang lain, serta juga yang di tengah dengan tanda bulat itu...
Itulah tutorial cara kerja transformation rotate di coreldraw semoga bermanfaat untuk hasil yang lebih maksimal silahkan agan-agan kembangkan.
 
 

Berikut cara membuat efek hujan di coreldraw

Contohnya kita akan membuatnya pada gambar pemandangan di bawah ini ;
Buat kotak menggunakan rectangle tool di toolbox beri warna putih dan pada menu bar -- bitmaps -- klik conver to bitmap... 
Pada kotak dialog atur layaknya di bawah ini ;
Ini hasilnya ;
Terus klik Menu Bar --> Bitmaps --> Art Srokes --> pilih Scaperboard...
Atur parameter sesuka agan, atau bisa juga ikutin gambar di bawah ini ;
Hasilnya agan bisa lihat sendiri gambar di bawah ini ;
Masih belum selesai, sekarang agan klik Menu Bar --> pilih Effects --> Transform --> Invert
Coba agan dekatkan pada obyek pemandangan, akhirnya sama seperti gambar di bawah ini ;
Dengan cara meng-klik tranparency tool di toolbox tujukan pointer pada obyek tadi ;
Atur property bar-nya dan akhirnya hasilnya seperti gambar dibawah ini ;
Tambahkan sedikit efek blur pada Menu Bar --> Bitmaps --> Blur --> Motion Blur
Sesuaikan parameter isikan 3 pixels pada kolom distance ;
Langkah akhir tekan E serta C di keyboard buat memposisikan rata sedang ( center ) akhirnya akan sama seperti gambar di bawah ini ;
efek hujan di coreldraw
Akhirnya beres juga...heheh
Mungkin itulah cara membuat efek hujan di coreldraw yang bisa ane bagikan semoga bermanfaatnya dan jika ada kekurangan mohon dikoreksi ma'lum namanya juga belajar, kalau salah-salah dikit wajar lah..hehe. Untuk hasil yang lebih maksimal silahkan agan-agan kembangkan sendiri yang penting cara standarnya seperti diatas. 
 
 

Membuat efek lukisan pada foto di coreldraw 

Gambar dibawah ini bukan hanya tracing melainkan ini adalah bitmap, itu adalah photo yang di ganti layaknya lukisan memakai cat air dengan fitur yang ada pada art strokes, lantas dengan aplikasi design coreldraw agan dapat membuat foto apa pun untuk dijadikan layaknya lukisan dengan goresan tangan, sepanjang ada fitur untuk ubah bitmap pada coreldraw, kita tak perlu ubah bitmap memakai corel photo paint, jadi agan tidak perlu khawatir untuk membuat efek lukisan pada foto di coreldraw langkah-langkahnya cukup simpel. 
Efek lukisan pada foto
Gambar diatas adalah gambar yang sudah jadi dan gambar yang dibawah ini adalah gambar yang aslinya;
Agan cuma memerlukan satu langkah agar mencapai hasil seperti itu, yakni pada menu bar -- bitmaps -- art strokes -- watercolor...
Atur parameter sesuka agan pada kotak dialog watercolor atau bisa disesuaikan seperti gambar dibawah
Beres deh, inilah hasil akhir dari membuat efek lukisan pada foto di coreldraw.
Itulah cara membuat efek lukisan pada foto di coreldraw untuk hasil yang lebih maksimal silahkan agan berekperiment sendiri jangan takut untuk mencoba, semoga ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Jika ada kata yang kurang berkenan ane mohon maaf, disini ane hanya ingin berbagi. Terimakasih
 
MEMBUAT SURAT UNDANGAN PERNIKAHAN
 
Misalnya Corel Draw X3, sebagaimana saya hanya memiliki versinya apalagi juga memakai Corel Draw X3 untuk membuat apa pun dengan semaukuMenyenangkan aja! Hehehe
1. Buka Corel Draw X3
Start >> All Programs >> Corel Draw Graphics Suite X3 >> Corel Draw X3
Bentuk tampilan dari Corel Draw X3
2. Aturlah Lembar kerja, pilihlah F4 pada Property Bar: Multyple Object, seperti ini:

3. Klik Landscape (mendatar) pada Property Bar
4. Klik 2 kali pada Rectangle tool pada toolbox
5. Select object tersebut kemudian aturkan persegi dengan 21,0 cm x 12,5 cm, sebagai berikut: hasilnya

6. Untuk menghasilkan kertas lipat, caranya:
a). Select object >> Arrange >> Transformations >> Position, seperti gambar ini:


b). Check kanan atau kiri pada Relative Position, kemudian klik Apply to Duplicate, maka hasilnya:
c). Select two object (maksudnya pilih kedua persegi tersebut) >> Arrange >> Group
d). Kemudian Arrange >> Align to Distribute >> Center to Page Horizontally lalu diulangi lagi >>Arrange >> Align to Distribute >> Center to page vertically, sehingga kedua persegi tersebut berada di tengah lembar kerja. Sepeti gambar ini:
7. Untuk memperindah undangan yaitu transparansi objek dengan cara
Select object >> klik Transparency tool di toolbox >> klik dari atas tengah objek ke bawah tengah object (atau sesukamu baik dari bawah ke atas, dari kanan ke kiri, dari kiri ke kanan maupun diagonal) J
Sehingga hasilnya mengagumkan:
8. Copy objek pada page 1 lalu paste objek pada page 2 karena yang satu untuk bagian luar dan yang lain untuk bagian dalam, sebagai berikut:

A. UNTUK BAGIAN LUAR
1. Untuk memperindah hiasan pada bagian luar terutama corner
Klik Text pada Menu Bar >> Insert Symbol Character atau dengan cara tekan Ctrl+F11pada keyboard.
Sehingga hasilnya seperti:
2. Pilihlah Wingwinds 2 pada Font atau sesukamu lalu pilih salah satu di antaranya kemudian Insert.
3. Ditambahkan huruf nama Insial yang akan menikah dengan huruf yang tersedia di Font
Sehingga hasil seperti ini:

4. Untuk kotak nama dengan cara:
Klik Rectangle Tool pada Tool Box
Aturlah tiap sudut agar bisa lenkung yang tidak tajam pada Property Bar: Rectangle, sebagai berikut:
Bila Anda ingin 2 sudut yang tajam dan yang lain sudut tumpul, Anda bisa tidak mengaktifkan Round Corners Together di samping Right Rectangle Corner Roundness yang berbentuk gembok. Lalu Anda mengatur besar sudutnya, kemudian Enter. (^_^)
B. UNTUK BAGIAN DALAM
Untuk mengisi kalimat atau teks dengan paragraph teks yang berisi kapan yang akan diadakan pernikahan, Iqbal Qobul atau lainnya.
Anda bisa mengklik Text Tool pada Toolbox >> Klik dan drag pada area kerja, ketik teks paragraph tersebut.
Hasilnya seperti ini:
Tapi ada yang saya sarankan agar semua hiasan, huruf, warna atau lainnya, Anda bisa aturkannya dengan sesuka hatimu. Bahkan Anda bisa menambah gambar apapun juga dengan cara Klik File pada Menu Bar >> Import (Ctrl+I)
Akhirnya sudah selesai….
 
 

Membuat logo sctv,trans,tvriindosiar,toyota,indosat

 
Postingan kali ini saya akan membahas bagaimana membuat Logo SCTV menggunakan Corel Draw. Caranya cukup mudah yang perlu Anda persiapkan cuma program Corel Draw baik Corel Draw 11, Corel Draw 12, Corel Draw X3 atau Corel Draw X4. langsung saja berikut langkah-langkahnya:

  1. Buatlah dokumen baru.
  2. Buat tulisan SCTV menggunakan (Text Tool) dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Huruf S,T,V = Arial Black, ukuran: 72 pt, warna: Sky Blue.
    • Huruf C = Berlin Sans FB Demi, ukuran 72 pt, warna Sky Blue.
  3. Buat dua garis pembatas dengan cara menarik dari penggaris Corel Draw, sehingga tampak seperti gambar berikut:
  4. Klik tulisan SCTV menggunakan (Pick Tool) kemudian klik menu Arrange > Break Paragraph Text atau klik tombol Ctrl + K.
  5. Seleksi semua object tersebut menggunakan (Pick Tool) kemudian klik menu Arrange > Convert to Curves atau klik tombol Ctrl + Q.
  6. Atur sedemikian rupa menggunakan (Pick Tool) sehingga semua huruf berada tepat pada batas ke dua garis pembatas dan tampak seperti gambar berikut:
  7. Sekarang kita akan menggabungkan huruf-huruf tersebut menjadi satu bagian. Caranya seleksi semua object tersebut menggunakan  (Pick Tool) kemudian klik menu Arrange > Shaping > Weld.  Sehingga akan tampak seperti gambar berikut:
  8. Selanjutnya menggunakan (Elipse Tool) buatlah lingkaran sempurna dengan cara menahan tombol Ctrl. Sehingga akan tampak seperti gambar berikut:
  9. Selanjutnya, klik (Fill) pada Toolbox kemudian pilih Fountain Fill. Isikan seperti tampak pada gambar di bawah ini:

    Maka akan tampak seperti gambar berikut ini:
  10. Sekarang akan kita hilangkan garis Outline pada lingkaran dan tulisan SCTV. Caranya Seleksi semua object tersebut menggunakan (Pick Tool) kemudian gunakan (Outline) pada Toolbox dan pilih None.

    Sehingga akan tampak seperti gambar berikut ini:
  11. Gabungkan object-object tersebut menjadi satu bagian. Klik menu Arrange > Group atau Ctrl + G.
  12. Selesai. Selamat mencoba!
  13.  

LOGO TRANS TV 
1. Siapkan Corel Draw Anda (Saya menggunakan Corel Draw 12, untuk versi diatas, silahkan menyesuaikan saja...)

2. cari dan pilih "basic Shape Tools"






3. pilih jajar genjang lalu buat di lembar kerja anda, namun sebelum itu ganti dulu jajar genjangnya menjadi segitiga.










4. Buatlah segitiga sama sisi di lembar kerja anda.
















 

 

5. Putar segitiga tersebut (pilih "pick Tool" klik ditengah object, lalu putar)

 









6. Duplikatkan segitiga tersebut.










7. Block kedua segitiga

8. klik "trim"

9. Buang segitiga bagian atas (Hasil potongannya)

10. Duplicate segitiga bawah lalu putar hingga posisi nya menjadi seperti ini















11. Buatlah "rectangle" tool disegitiga atas lalu klik "weld"















 

12. Klik Text tool, dan Atur segitiga tadi dan teks nya hingga berada di tengah seperti ini















Selesai, selamat mencoba...

LOGO TVRI
1. Buka Program Photoshop > New > Atur : 300 x 200 px
2. Pilih Horizontal Type Tool > Font : Arial Back, Size : 81,6 px, Warna : Hitam > tulis TVRI


3. Pilih Magic Wand Tool (W) > Klik pada huruf T > Create New Layer > Pilih Paint Bucket Tool > Tumpahkan pada huruf T Layer 1.



4. Kembali ke Layer TVRI > Pilih Magic Wand Tool (W) > Klik pada huruf V > Create New Layer ( Sehingga muncul Layer 2 ) > Pilih Paint Bucket Tool > Tumpahkan pada huruf V Layer 2.



5. Kembali ke Layer TVRI > Pilih Magic Wand Tool (W) > Klik pada huruf R > Create New Layer ( Sehingga muncul Layer 3 ) > Pilih Paint Bucket Tool > Tumpahkan pada huruf R Layer 3.



6. Kembali ke Layer TVRI > Pilih Magic Wand Tool (W) > Klik pada huruf I > Create New Layer ( Sehingga muncul Layer 4 ) > Pilih Paint Bucket Tool > Tumpahkan pada huruf I Layer 4. Jika Semua huruf sudah kita duplikat > Tekan Ctrl + D untuk menghilangkan seleksi > Hilangkan tanda Mata pada Layer TVRI ( Tujuannya untuk menghilangkan tulisan TVRI )




7. Pilih Layer 2 > Geser huruf V mengunakan panah ke kiri pada KeyBoard sehingga menempel pada huruf T.



8. Pilih Layer 3 > Geser huruf R menggunakan panah kiri pada KeyBoard hingga menempel pada huruf V, atur jarak dan hapus sisa huruf R menggunakan Eraser Tool.


9. Pilih Layer 4 > Geser huruf I menggunakan panah kiri pada KeyBoard , atur jarak agar tidak terlalu menempel pada Huruf R.


10. Gabungkan layer 1 sampai Layer 4 dengan cara klik pada layer 4 + Shift + klik Layer 1 > Ctrl + E ( untuk menggabungkan )


11. Masih pada Layer 1 ( Layer yang sudah digabung ) > tekan Ctrl + T > Klik kanan Skew > Geser ke kanan > klik 2x pada Mouse ( tujuannya untuk menghilangkan seleksi ).


12. Ganti Foreground Color = # 808ee7 ( Biru Muda ) > Pilih Layer > Layer Style > Gradient Overlay > ganti warna gradient ( Biru muda + Putih ) > pilih Drop Shadow > Inner Shadow dengan Opacity = 18 % > OK
LOGO INDOSIAR

Berikut cara membuat logo Indosiar :

  1. Buka program Corel Draw anda.
  2. Buat lingkaran menggunakan ellipse tool
  3. Buat persegi panjang menggunakan rectangle tool


4. Tekan Ctrl +A pada keyboard kemudian klik Trim pada menu bar atau klik arrange > shaping > trim. Setelah di trim kemudian hapus persegi panjangnya seperti gambar di bawah :


Dan hasilnya :

5. buatlah persegi panjang tipis seperti gambar di bawah. Lalu di trim dan hapus persegi panjangnya.

 
6. Kemudian klik kanan dan pilih break curve apart (Ctrl K) untuk memisahkan masing- masing bagian.
7. Selanjutnya duplikat (Ctrl D) objeknya dan lakukan transformation pada menu bar atau klik arrange > transformation > position (Alt F7), Jika sudah muncul kotak dialog transformation lakukan :

 
8. Posisikan objek seperti ini :

9. Beri warna seperti ini :

10. Langkah berikutnya memberi teks INDOSIAR, gunakan Century Gothic Bold, untuk huruf O kita dapat membuat sendiri menggunakan 3 lingkaran.

11. Selanjutnya hilangkan outline dengan cara Ctrl A kemudian klik fly over outline

12. Terakhir buat persegi panjang lagi dan atur letaknya hingga mengelilingi semua objek. Gunakan shape tool untuk menumpulkan sisi – sisinya.

Hasil akan seperti ini :

  
LOGO TOYOTA
1. Buat dokumen baru dengan tombol NEW
2. buat sebuat lingkaran dengan ELLIPSE TOOL (1),kemudian DRAG (klik tahan geser) sambil tekan SHIFT untuk membuat lingkaran yang lebih rata (2).
3. Klik Lingkaran tersebut kemudian arahkan ke arah kotak hitam kecil (1) dan drag (klik tahan geser) kedalam lingkaran,kemudian tanpa melepas klik kiri mouse langsung klik kanan mouse untuk mengcopy lingkaran (2 )
4.seleksi semua lingkaran (lingkaran pertama dan kedua) kemudian di TRIM (1 ) yang ada tool bar atas
setelah diTRIM,klik lingkaran yang ada ditengah,kemudian hapus dengan tombol delete di keyboard.
5.klik linkarang tersebut dan beri warna merah (1) ,hilangkan outline nya dengan klik kanan pada warna none (2)
6.sampai hasil akhirnya seperti gambar dibawah ini:
7. Drag bagian bawah lingkaran dan tarik keatas hingga berbentuk elips seperti gambar dibawah ini:





8. Copy lingkaran tersebut dengan shortcut CTRL+C ,kemudian CTRL + V untuk Paste

9. klik sekali lagi pada lingkaran yang telah di copy dan arahkan pada ujung panah pojok kiri bawah (1) untuk memutar lingkaran menjadi vertikal.








10. kemudian atur ukuran lingkaran tersebut dan letakan di dalam lingkaran pertama seperti gambar di bawah ini










11. copy sekali lagi lingkaran yang pertama kemudian,atur ukuran lingkarannya dan letakan seperti gambar di bawah ini.









12. kemudian tinggal ketik dengan format tebal ( Bold ) dan tyipe ARIAL
(1) kata TOYOTA dibawah logo yang baru kita buat dan beri warna merah (2).
















13. Dan hasil akhirnyadapat di lihat seperti gambar di bawah ini






















LOGO INDOSAT
1. buat dokumen baru, buat lingkaran lonjong (diameter: tinggi 3.618 cm,  lebar 16.067 cm) dengan menggunakan elipse tool (warna fill dan outline merah)

2. setelah itu kita akan menduplicat dan memutarnya 60 derajat (klik windows -> docker -> transformation -> dan pilih rotate), maka akan keluar kotak dialog Transformation (atur Angle: 60,0 dan conteng Relative Center),  lalu klik 2 kali pada Aply to duplicate sambil menekan tombol Shift :
3.  ubah warna seperti pada gambar dibawah (klik pada obyek yang mau diganti, lalu klik warna pada color pallete) lihat gambar: 
4.  klik pada windows ->docker -> shaping, maka akan keluar kotak dialog shaping 
5.  klik warna merah dan biru (sambil menekan shift pada keyboard), lalu klik interest with (pada kotak dialog shaping tadi) kemudian klik pada warna kuning. Lalu kita pilih  warna hijai  untuk mewarnai obyek hasil interest tadi 
6.  Klik warna kuning dan merah, lalu klik interest with, kemudian klik pada warna biru, kemudian pilih warna pink.
7.  pilih pick tool dan blok obyek hasil dari interest tadi, kemudian klik weld untuk menjadikan satu








 
8.  Untuk memisah obyek warna pink, buatlah garis di tengah-tengah menggunakan bazier
9.  lalu  sama dengan langkah dua kita akan menduplicate garis dengan cara  rotate (langkah ke 2):
10.pilih semua garis2 tadi yang di duplicate (dengan kombinasi tombol shift + klik) lalu di group (klik Arrange -> group). Setelah jadi satu kita piih bintang (warna pink) dan garis (hasil group ) lalu pada property bar pilih Trim kemudian klik  Break Apart (digunakan untuk memotong2 bintang dengan obyek garis diatasnya)
11.hapus garis hasil group tadi, lalu klik potongan2 dari bintang tersebut kemudian warnai (misalnya warna hijau dan pink)
Nih hasilnya 


12.tulis “indosat” dengan jenis font: Believer
nih hasil akhirnya








 





 

Cara Mudah Membuat Desain Kaos dengan Corel Draw X4

  1. Bukalah program Corel Draw
  2. Klik ikon  New atau ctrl+N untuk membuat lembar kerja baru
  3. Ubah orientasi layar kerja menjadi landscape menggunakan ikon
  4. Butlah gambar setengah kaos dengan menggunakan bezier tool, klik ikon free hand tools   lalu klik bezier
  5. Buatlah gambar seperti di bawah ini.
    1
  6. Duplikat gambar dengan ctrl+d lali Klik ikon mirror horizontal kemudian atur hingga terbentuk gambar kaos utuh seperti di bawah ini.
    2
  7. Mulailah memberikan corak atau desain pada kaos. Berikut contohnya
    3
  8. Untuk pewarnaan, blok kaos, lalu klik fill  , klik fountain fill, buatlah gradasi warna dengan klik custom lalu atur gradasi warna, berikut tab fountail fill.
    fountain fill
  9. Kemudian Buatlah callout shape dengan klik ikon callout shape
  10. Untuk memberikan teks pada kaos, klik ikon text tool letakkan kursor di dalam callout shape
  11. Masukkan gambar dengan cara klik file, klik import file.
  12. Ambil clipart nya saja dengan cara klik kanan pada gambar kemudian klik outline trace, klik clipart, pastikan tanda centang pada option tab power trace untuk remove background. Berikut tab power trace
    5
  13. Aturlah gambar sesuai tempat yang diinginkan
 
MEMBUAT KARTU NAMA
 
 
1. Klik start pada taskbar

2    
       

    2.  Klik CorelDRAW X4

 
    
 
 3.  Akan muncul gambar seperti ini.













   
 4.     Setelah corel terbuka. Lalu klik New blank document.

   
  5.  Maka muncul kertas kosong yang siap untuk digunakan. Setelah itu klik landscape, agar kertas berbentuk horizontal.
     6.     Kemudian klik Rectangle tool pada tool box. Setelah itu klik tahan geser pada kertas kosong dan ukur sesuai keinginan atau keperluan anda.











     
7.     Klik Fill pada tool box dan pilih Pattern Fiil Dialog berguna sebagai pemberi warna atau latar gambar pada kartu nama.











    
 8.     Jika muncul seperti pada gambar berikut klik ok











    
 9.     Setelah muncul  tabel pattern fill, centang bitmap dan klik load dibawah gambar.











    
10.     Maka akan menuju dokumen tempat menyimpan gambar untuk latar kartu nama.











   
 11.     Pilih gambar yang diingginkan dan klik import











    
 12.     Ubahlah Origin X & Y dan size width & height sesuai dengan ukuran kartu nama, dan klik ok.











   
  13.     setelah kartu nama berisi warna latar, klik Artistic Media pada tool box dan akan muncul garis pembatas untuk membatasi judul kartu nama dan biodatanya, yang memiliki banyak pilihannya garis yang bisa dipilih sesuai dengan keingginan.
 
    
 14.     Disana kita pun bisa memberi hiasan di pojok atas kanan atau kiri untuk mmperindah kartu nama anda.



   
  15.  Kemudian klik text tool yang ada di tool box yang disimbolkan huruf A. Berguna untuk mulai memberi tulisan judul seperti judul “Name Card”.







    
 16.     Kemudian berilah identitas anda lengkap seperti No hp yang bisa dihubungi dan alamat dan identitas lainnya.










    
17.     Setelah selesai klik file dan klik import, untuk menambahkan gambar pada kartu nama.











   
 18.     Maka akan muncul dokumen penyimpanan gambar dan pilih folder tempat penyimpanan, seperti gambar berikut.










   
 19.     Pilih gambar seperti gambar facebook dan klik import.










   
 20.     Dan letakan gambar sesuai keinginan agar memperindah kartu nama seperti gambar berikut.










    
 21.     Kemudian beri nama penjelas seperti nama facebook, agar memperjelas kartu nama anda.











   
  22.     Dan begitu pula jika ingin menambah gambar twitter di sampingnya dengan cara yang sama dan beri nama twitter seperti berikut.










  
   23.     Setelah selesai simpanlah dengan cara klik File pilih save.










     
24.     Jika ingin merubah kartu nama menjadi image maka klik tombol PrtSc SysRq pada keyboard.











     
25.     Setelah itu klik start dan pilih paint.










     
26.     Kemudian klik paste pada pojok kiri atas. Seperti gambar berikut.











     27.     Maka akan muncul gambar seperti ini dan klik select.











  
 
  28.     Kemudian klik tahan geser pada kartu nama, ukur sesuai ukuran kartu dan klik crop.










    
 29.     Setelah itu maka akan terpotonglah kartu nama sesuai keingginan, seperti gambar berikur. Dan kemudian simpan klik File dan pilih save. 










    
 30.     Simpan beri nama saat menyimpan dan simpan dengan type JPEG agar kartu nama menjadi image atau foto, dan klik save.










   
  31.     Maka akan muncul seperti gambar berikut setelah dibuka kembali akan berbentuk foto. Dan kartu nama selesai.






SEKIAN DAN TERIMA KASIH
 
 Salam, Willh Nobis
 
 
 

3 komentar:

  1. wah makasih nih ilmunya, lumayan klo udah bisa, bakalan ngasilin duit nih, :) makasih ya..

    http://www.tokoobatku.com/obat-herbal-penyakit-gagal-ginjal/

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas informasinya ya..!! artikelnya sangat bermanfaat sekali.
    semoga artikel ini memberikan manfaat untuk orang-orang yang sudah membacanya.
    Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

    BalasHapus
  3. Membedah Corel Draw >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Membedah Corel Draw >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Membedah Corel Draw >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus